8 Tips Solo Traveling ke Singapura yang Harus Dipahami Pemula

Post a Comment
Konten [Tampil]
Tips solo travelling ke singapura


Singapura selalu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Asia Tenggara yang wajib dikunjungi. Dengan beragam atraksi wisata yang ditawarkan dan letak geografis yang sangat dekat dengan Indonesia, kamu wajib memasukkan Singapura ke dalam daftar tujuan liburanmu.

Belum lagi harga tiket Jakarta - Singapore yang terjangkau, sehingga kamu bisa solo traveling ke Singapura berkali-kali.

Jika berencana untuk berlibur sendirian di Singapura, kamu harus mempersiapkan beberapa hal. Yuk, baca dulu beberapa tips berikut.

Kenali Tips Solo Traveling Sebelum Berangkat ke Singapura

Jika ingin berlibur sendiri ke Singapura, pastikan kamu telah menyiapkan rencana yang matang. Bepergian ke luar negeri sebagai solo traveler pasti menjadi sebuah tantangan, apalagi jika iniadalah pengalaman pertamamu. Jika kamu adalah pemula, yuk baca tips solo traveling ke Singapura berikut ini!

1. Susun Rencana Perjalanan Selama Liburan

Sebelum berangkat ke Singapura, pastikan kamu sudah menyusun rencana perjalanan selama berlibur. Karena kamu akan bepergian sendiri, mempunyai pedoman perjalanan akan sangat berguna. Buatlah rencana perjalanan sedetail dan sebaik mungkin dengan mencari tahu lebih banyak tentang Singapura. Tentukan berapa lama kamu akan tinggal dan pilih tempat-tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi.

Sebagai catatan, kamu juga perlu untuk mengecek apakah ada acara atau festival menarik yang mungkin sedang berlangsung di saat kamu berada di sana.

2. Tentukan Waktu Berlibur

Karena letak geografis Singapura yang dekat dengan Indonesia, kondisi iklim di Singapura sama dengan di Indonesia. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan kondisi cuaca saat kamu pergi. Apakah kamu lebih suka pergi di saat musim hujan atau panas.

Oleh karena itu, kamu harus membuat beberapa pertimbangan untuk menentukan barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Khususnya, pakaian seperti apa yang cocok dipakai untuk kondisi cuaca tertentu.

3. Pilih Akomodasi yang Strategis dan Sesuai Budget

Singapura menawarkan berbagai macam akomodasi yang bisa kamu pilih. Ada penginapan mewah dengan fasilitas yang lengkap dan fantastis hingga tempat tinggal seperti hotel yang lebih terjangkau.

Pilih tempat penginapan yang sesuai dengan budget kamu. Pertimbangkan juga lokasi di mana kamu menginap. Semakin dekat lokasi penginapan dengan destinasi-destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi, maka semakin baik. Dengan itu kamu bisa menghemat ongkos transportasi dan kamu juga bisa menjangkau lokasi liburan dengan lebih mudah.

4. Pilih Maskapai yang Tepat

Memilih maskapai penerbangan untuk perjalananmu ke luar negeri tentu punya pengaruh terhadap pengalaman liburan yang kamu rasakan.

Kamu bisa memilih maskapai perjalanan yang memberikan harga tiket Jakarta Singapore yang  sesuai dengan budget. Ada banyak sekali harga tiket yang super terjangkau, tapi belum tentu fasilitas yang ditawarkan sesuai dengan kemauanmu.

Maka dari itu, riset terlebih dahulu tentang fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh maskapai tersebut yang sesuai dengan harga tiket yang ditawarkan.

5. Dapatkan kartu EZ-Link dan Bawa Uang Fisik

Saat tiba di Singapura, pastikan kamu membeli kartu EZ-Link dan membawa uang fisik. Pemerintah Singapura sendiri menyediakan sistem transaksi elektronik untuk metode pembayaran transportasi umum seperti MRT dan bus.

Maka dari itu, kamu bisa beli kartu EZ-Link saat tiba di Singapura. Kamu bisa top-up kartu EZ-Link kamu di beberapa tempat, seperti stasiun MRT, Kantor Transitlink, Minimarket, dan secara online. Kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan kartu ini di toko dan restoran. Untuk berjaga-jaga, selalu bawa uang fisik di Singapura. Selain untuk alternatif saat transaksi elektronik bermasalah, kamu juga bisa menggunakan uang tunai untuk jajan street food.

6. Pastikan Handphone Kamu Selalu Berfungsi

Tidak bisa dipungkiri bahwa handphone memang suatu barang yang tidak bisa lepas dari kita. Tentunya, kamu harus memaksimalkan fungsi dari ponsel sangat mendukung aktivitasmu selama berlibur.

Kamu bisa menggunakan handphone untuk mengambil gambar dan video dan mengunggahnya di sosial media. Maka dari itu, pastikan baterainya tidak cepat habis dengan membawa power bank ke mana-mana.

Pastikan bahwa provider kartu SIM kamu dapat digunakan di Singapura dengan membeli paket roaming. Atau, kamu juga bisa membawa WI-FI portable untuk memastikan ponselmu tetap terhubung dengan internet.

7. Pelajari Nilai-Nilai Lokal

Sebagai tamu di negara orang, tentunya kamu harus selalu menjaga etika dan nilai-nilai masyarakat lokal. Sesuatu yang biasa di Indonesia bisa menjadi hal tabu bahkan dilarang di Singapura. Singapura adalah negara maju yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketertiban dan punya hukum yang ketat. Oleh karena itu, pastikan kamu mengetahui hukum yang berlaku di sana dan kamu harus menghormati nilai-nilai lokalitas.

8. Selalu Waspada dan Jaga Diri Baik-Baik

Meskipun Singapura masuk di jajaran tertinggi negara paling aman di dunia, bukan berarti kamubisa berasumsi bahwa solo traveling di Singapura bebas dari risiko. Kamu harus tetap perlu menggunakan akal sehat dan tetap selalu waspada setiap saat.

Selalu jaga barang bawaan kamu, simpan nomor-nomor penting seperti hotline kantor polisi,ambulans, dan kontak dari kantor Kedutaan Besar Indonesia di Singapura. Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum dan saat solo traveling ke Singapura. Jangan lewatkan kesempatan berlibur yang aman dan nyaman sebagai solo traveler.

Jika kamu sudah yakin telah menyiapkan semuanya, ini saatnya untuk mengecek harga tiket Jakarta Singapore mulai dari sekarang, ya!

Newest Older

Related Posts

Post a Comment